by google

Monday, February 10, 2014

Sejarah Scoopy Club Bandung



Tren modifikasi retro seolah tidak ada matinya ditelan zaman. Tua muda kini banyak yang menggemari motor – motor konsep retro. Meski waktu terus berganti, motor – motor bergaya modern yang membanjiri konsumen, namun gaya retro ini tetap mempunyai peminat tersendiri, Konsep retro di kalangan otomotif memjadikan ciri khas tersendiri diantara maraknya motor – motor bergaya modern. Bukan hanya sekedar gaya, namun kreativitas dan seni tetap di utamakan. “retro itu elegan dan mempunyai nilai”.

Unik dan lucu, mungkin itu yang kita pikirkan ketika melihat skuter matic pabrikan jepang ini, sekilas mirip dengan skuter “besi” keluaran negri pizza Italia, akan tetapi perbedaanya cukup mencolok dari segi fisik, mesin dan tentunya dari segi harga, karena Honda Scoopy dapat dibeli oleh mayoritas kalangan masyarakat, motor keluaran pabrikan yang dijual secara umum. Oleh karena itu menjadi daya tarik tersendiri di kalangan masyarakat, terutama yang menyukai gaya klasik dan retro modern. Dengan cepat para pecinta skuter matic pun membeli dan membentuk sebuah komunitas yang berarti kesamaan. komunitas/klub scoopy dengan cepat terbentuk hampir di setiap kota besar di Indonesia, dan Kota Bandung HARUS BANGGA !, dengan lahirnya klub Scoopy PERTAMA DI INDONESIA lahir di kota Bandung, yaitu SCUBA Scoopy Club Bandung !.
Sebelum dengar nama SCUBA, sudah terbentuk Honda Scoopy Bandung, sekitaran bulan Mei atau Juni 2010 (meskipun belum ada motornya) dan itu pun hanya melalui forum dunia maya. Berawal dari pertemanan facebook melalui group Honda Scoopy, Rifqy berinisiatif membuat Group FB “Honda Scoopy Bandung”. Sejak dari situlah terjalin pertemanan dengan para Scoopers dunia maya mulai terbentuk.
Sejak awal terbentuknya organisasi (klub) motor Scoopy Club Bandung, selalu mengingatkan dengan “proses pencarian teman” dengan kesamaan visi dan misi yang sama, yaitu hoby otomotif dan menjalin persaudaraan.
1 Bulan telah berlalu tanpa melakukan pertemuan, hanya melakukan forum – forum kecil sebatas dunia maya. Dan akhirnya dengan bergabungnya saudara Ahmad Azhari selaku inisiator untuk melakukan rencana beberapa pertemuan awal, akan tetapi selalu gagal, dan akhirnya ketika ada kesempatan (yang saya ingat forum melalui Yahoo Massanger , Rifky, Opick dan Chamat) kita melakukan pertemuan pertama di sebuah cafe jalan Riau bernama “Bober Cafe”. Disana kami dipertemukan dengan saudara Muhamad Iman (alley) melalui saudara Chamat(sebagai fasilitator) yang mempertemukan kami semua saudara Alley ternyata sudah membentuk juga klub scoopy bernama SCUBA (Scoopy Club Bandung). Ya, mungkin bagi orang yang baru pertama mendengar kata SCUBA, langsung terngiang sebuah klub/ komunitas penyelam di laut, begitu pun orang – orang yang mencari informasi mengenai klub scoopy bandung melalui FB ketika di search akan muncul puluhan kumunitas penyelam di seluruh dunia, akan tetapi nama yang cukup uniq dan keren. SCUBA sudah di deklarasikan secara resmi pada tanggal 17 Juli 2010 oleh saudara Iman Alley 001 melalui tebusan main dealer Honda Motor Jawa Barat yaitu PT.DAM dan AHM.
Karena mempunyai visi – misi yang sama akhirnya terbentuklah awal sebuah proses “pencarian teman”. Begitu sulitnya kami mencari teman dengan motor yang sama (karena motor hanyalah sebagai fasilitas untuk menjalin pertemanan), dengan sistem “jemput bola” kami pun secara rutin melakukan rolling – rolling diseputaran pusat Kota Bandung untuk mencari orang – orang yang memakai Scoopy dengan cara sistem “cegat” yang tentu mengagetkan para pemakai scoopy tersebut.
Dengan kopdar kedua yaitu, Alley, Chamat Rifqy, Opick & ujie kopdar di gedung sate dan berinisiatif melakukan buka bersama di rumah makan Bancakan. Dirumah makan lesehan khas sunda tersebut kami berbuka puasa bersama dengan obrolan kecil – kecilan mengenai visi – misi klub kedepanya. Ketia buka bareng di bancakan motor kami di pajang di parkiran depan bancakan, mungkin karena saat itu honda scoopy masih jarang, orang – orang merasa aneh dan unik melihat motor scoopy tersebut, ada yg melihat – lihat, memegang hingga bertanya – tanya mengenai skuter matic asal negri sakura tersebut.
Pertemuan pertemuan pun terus berlanjut, dengan adanya kopdar Minggu sore di parkiran Balai Kota Bandung, disitulah mulai berdatangan teman – teman baru yang sebelumnya sudah mengkonfrmasi melalui dunia maya seperti Octa Adhiana Suparman, Angga Kurniawan dll. Dan dengan terpilihnya sekretariat SCUBA di Jalan AH Nasution 149 atas pemberian fasilitas dari kang Budi. Dengan intensitas pertemuan dan forum kecil – kecilan akhirnya kami pun melakukan proses pelantikan pertama di Pantai Pangandaran, terhitung sejak tanggal 7-10 Oktober 2010, dengan anggota angkatan pertama yaitu : Muh Iman 001, Ahmad Azhari 002, Rifqy 003, Taufiq Rachman 004, Octa Adhiana 005, Agi Nugraha 006, Vivi Monisha 007, Gilang Nopiansyah 008, Budi 009, Fuji Firmanda 010, Angga Kurniawan 011, Nanang Hidayat 012 & Dessy Meylani 013, serta dihadiri oleh Kang Agung selaku ketua IMHB, Kang Anton ketua HBAC, Kang Egi ketua KHAT, Kang Puthut selaku ketua HAB125 dan kang Rambo Riyendra dari HAST.
Setelah terlaksananya pelantikan pertama, SCUBA pun berbenah dengan membuat AD/ART, menghadiri event- event besar di bandung maupun luar kota, pertemuan – pertemuan dengan klub scoopy luar kota, pelantikan – pelantikan angkatan 1,2,3 dan angkatan selanjutnya..
Setelah sekian lama bergabung dengan SCUBA, saya merasa mempunyai keluarga yang baru. Suasana klub yang hangat, penuh kekeluargaan itulah yag membuat saya nyaman di SCUBA.
**
Lambang atau simbol SCUBA sendiri mempunyai arti bagi kami, yaitu huruf S yang berbentuk soang alias angsa yang berarti SCUBA dan 4 helai sayap yang berarti Solidarity, Sociality, Share, Safety



SCUBA for Solidarity : Untuk setiap anggota adalah hal yang paling dasar bagi setiap organisasi. Jika salah satu genk motor di Bandung mempunyai slogan “jika jari kelingking tangan tersakiti maka ibu jari kaki ikut tersakiti” maka kita bisa ambil sisi positifnya baik secara internal ataupun eksternal (klub lain).
SCUBA for Sociality : Sudah kodratnya manusia adalah makhluk sosial atau makhluk bermasyarakat, selain itu juga diberikan yang berupa akal pikiran yang berkembang serta dapat dikembangkan. Dalam hubungannya dengan manusia sebagai makhluk sosial, manusia selalu hidup bersama dengan manusia lainnya. Maka itulah sosiality adalah faktor terpenting dalam sebuah organisasi yang merujuk pada : Setiap anggota SCUBA tunduk pada aturan, norma sosial, saling bersosialisasi secara internal dan eksternal, saling menghargai dan pengertian dalam wadah organisasi. Dan satu lagi INGAT !! Potensi manusia (setiap anggota SCUBA) akan berkembang bila ia hidup di tengah-tengah manusia.
SCUBA for Share/sharing : Dalam organisasi scuba yang mempunyai ideologi kekeluargaan atau duduluran, adanya abentuk kepedulian sesama anggota sharing atau sesi curhat sesama anggota lainya, disini dapat menumbuhkan kedekatan secara lahir dan bathiniyah, selain itu dapat pula memecahkan atau memberi solusi setiap masalah yang di hadapi oleh setiap individunya.
SCUBA for Safety disini mempunyai 2 makna, yang pertama adalah keamanan dalam berkendara, dengan tidak melanggar rambu – rambu lalu lintas dan taat aturan hukum yang berlaku dalam masyarakat. Yang kedua, sesama anggota saling melindungi, saling mengayomi agar tidak tidak terjadi hal – hal yang bersifat negatif bagi setiap anggota (individu) maupun SCUBA itu sendiri.
**
Dalam sebuah organisai banyak ilmu yang didapat. Ilmu yang tidak pernah didapatkan di akademik, ilmu yang tidak bisa dinilai dengan sebuah materi. Suatu kepercayaan yang diberikan dalam berorganisasi bukanlah sebuah “beban yang harus dipikul” akan tetapi adalah “sebuah proses belajar dan proses pengembangan diri”. Belajar untuk apa? tentunya belajar disiplin dan tanggung jawab, tanggung jawab untuk diri sendiri, tanggung jawab untuk SCUBA dan tanggung jawab untuk masyarakat, dan selalu yakin bahwa ilmu-ilmu tersebut akan berguna dikemudian hari dalam pengaplikasian di berbagai bidang, karena ilmu terbentuk atas proses belajar dan pegalaman. Mudah – mudahan kepengurusan SCUBA yang masih “fresh” ini dan penambahan beberapa devisi baru hasil musyawarah anggota, akan memunculkan individu – individu yang berkualitas dan membuat SCUBA lebih jayaaaa.. amien.. SEMANGAT SCUBA !!

By : Ovick 004 Scuba